Marketing

Marketing dalam percakapan sehari-hari lebih digunakan kata pemasaran. Marketing memiliki pengertian yang luas, mulai timbulnya kesadaran akan kebutuhan sesuatu sampai terjadinya pertukaran antara produk (jasa) dengan nilai tertentu.

Pengertian Marketing

Beberapa definisi marketing diantaranya:

  1. Aktivitas manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran (Philip Kotler).
  2. Proses sosial dan managerial yang melibatkan minimal dua pihak individu atau kelompok yang bertujuan untuk memperoleh apa yang dibutuhkan dan dinginkan masing-masing pihak melalui penciptaan dan pertukaran timbal balik antara produk dan nilai (Philip Kotler dan Amstrong).
  3. Pemasaran adalah suatu sistem menyeluruh dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

Konsep Marketing

Konsep pokok marketing meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar.

Pengertian antara kebutuhan, keinginan dan permintaan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Kebutuhan adalah keadaan ketika disadari adanya ketidak puasan dasar tertentu.
  2. Keinginan adalah kehendak yang kuat untuk memenuhi kebutuhan.
  3. Permintaan adalah keinginan akan produk tertentu (lebih spesifik) yang didukung dengan kemampuan dan bersedia untuk membeli produk.

Manajemen Marketing

Manajemen marketing berasal dari dua kata yaitu manajemen dan marketing. Menurut Kotler dan Armstrong marketing adalah proses analisa, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran kepada target pembeli yang menguntungkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), pelaksanaan (Actuating) dan pengendalian (Controling).

Dengan demikian Manajemen Marketing dapat diartikan sebagai proses analisis, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan (eksekusi), dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran dengan target pasar yang menguntungkan dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi.

Kesimpulan :

Manajemen Marketing: aktivitas perencanaan, pengorganisasian yang meliputi pengadaan produk, pendistribusian barang, penentuan harga, penjualan dan pengendalian terhadap pelaksanaan kebijakan-kebijakan yang telah dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan pemasaran tercapai.

This entry was posted in Marketing and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.